Silabus Pai Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Silabus PAI Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 – Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti merupakan salah satu mata pelajaran wajib Sekolah Menengah Pertama yang menanamkan wawasan dan keterampilan serta membentuk perilaku dan kepribadian akseptor latih dalam mengamalkan pedoman Islam.

Sedangkan tujuan mata pelajaran PAI yang menginginkan siswa kelas 7 untuk menyanggupi kebutuhan guru dalam rangka meraih pembelajaran yang kasatmata, kreatif, kreatif dan mempesona.

Berlandaskan pedoman Kurikulum 2013 Revisi untuk menerapkan seni manajemen mengadopsi tata cara ilmiah dan evaluasi konkret terkait kehidupan sehari-hari.

Hal ini dapat dikembangkan dalam aneka macam aktivitas di dalam dan di luar Sekolah Menengah Pertama (Sekolah Menengah Pertama). Maka PAI yaitu pendidikan yang memiliki landasan keimanan.

Termasuk Allah Yang Maha Esa sebagai sumber nilai kehidupan yang utama bagi umat manusia dan alam semesta.

Oleh alasannya adalah itu, Pendidikan Agama Islam (PAI) bermaksud untuk mendamaikan, mengkoordinasikan dan menyeimbangkan keimanan, keislaman dan cinta kasih.

Penerapan PAI di sekolah tidak terlepas dari banyak sekali permasalahan, mirip alokasi waktu sekolah untuk mencar ilmu agama islam lebih minim. Maka saat proses pembelajaran, anak kurang mendorongnya untuk mengembangkan kesanggupan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Guru mendesain Silabus PAI Kelas VII dengan kegiatan mencar ilmu cuma sekedar menumbuhkan kemampuan anak dalam mengingat gosip (hapalan).

Hasil dari itu?

Ketika siswa kami lulus dari sekolah, mereka secara teoritis pintar, tetapi keterampilan sangat kurang.

Fakta ini berlaku untuk semua mata pelajaran. Seperti yang kita ketahui bareng , paradigma pembelajaran pendidikan agama Islam masih penuh dengan orientasi mencar ilmu mengajar.

Maka tidak ada ruang bagi siswa untuk lebih kritis dan inovatif. Sehingga proses belajar mengajar (PBM) menciptakan siswa malas dan tidak semangat mengikuti mata pelajaran tersebut.

Oleh sebab itu, sebagai tenaga pendidik yang mempunyai peran awal merencanakan kegiatan berguru yang efektif, efisien, dan berpusat pada siswa. Wajib berbagi Silabus PAI Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Ayo simak penjelasannya lebih dulu..

Review Silabus K13 Sekolah Menengah Pertama

Kurikulum 2013 ialah kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pada pembelajaran berbasis acara dan bermaksud untuk mendorong peserta asuh memperoleh sikap, wawasan dan keahlian.

Silabus meliputi seperangkat rencana dan kesepakatan yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran, isi dan bahan, serta sistem yang bermanfaat untuk memandu pengembangan aktivitas belajar untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Guru menyusun Silabus PAI yang sekurang-kurangnya menampung rencana dan janji tentang tujuan, isi, dan topik materi. Serta sistem yang mau menjadi fatwa dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Supaya meraih tujuan pendidikan agama menurut Standar isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Perancangan pembelajaran guru susun dalam bentuk Silabus dan RPP yang cocok persyaratan isi.

Oleh karena itu, silabus merupakan teladan kerja, memperlihatkan kerangka kurikulum 2013 untuk topik bahan setiap mata pelajaran

Adapun komponen yang tertera dalam silabus adalah:

  • Identitas: berisikan mata pelajaran, kelas, semester, alokasi waktu, dan tahun anutan
  • Kompetensi Inti: terbagi menjadi 4 jenis, ialah: spiritual, sosial, pengetahuan, dan sosial
  • Kompetensi Dasar
  • Materi Pelajaran
  • Indikator
  • Nilai Karakter
  • Kegiatan Mengajar
  • Sumber bahan didik
  • Penilaian

Sobat dapat melihat contoh format silabus di bawah ini:

Contoh Format Silabus PAI Kelas VII SMP

Download Silabus PAI Kelas 7 Kurikulum 2013

Gurusekali.com sadar akan masih adanya kekurangan yang muncul pada silabus ini, maka dari itu kami berharap komentar berisi kritik dan saran yang membangun untuk menciptakan perangkat pembelajaran yang lebih sempurna lagi kedepannya.

Semoga Silabus PAI Kelas VII Semester 1 dan 2 yang kami posting mampu menjadi tumpuan berguna memperbesar wawasan teman baik itu para guru dan kandidat guru. Sehingga mempermudah langkah menyusun sebuah alat bantu menyiapkan acara belajar agama islam terbaik bagi penerima latih.

Selain itu, melalui artikel ini mampu berfaedah dalam mengembangkan kemampuan teman dalam mengajar untuk memajukan kualitas pendidikan di forum pendidikan SMP/MTs.

Untuk lebih jelasnya, dapat mendownload secara eksklusif melalui link di bawah ini:

Silabus PAI Kelas VII (Format 3 Kolom) Download
Silabus PAI Kelas VII (Format 8 Kolom) Download

Akhir Kata

Silabus menjadi sebuah ajaran bagi guru untuk menyusun kegiatan mengajar tentang apa yang mesti terjadi, sehingga siswa mampu meraih tujuan pembelajaran.

Untuk itu, sobat harus bijaksana mengembangkan bahan agama islam dan cara penyampaiannya dengan memadukan pendekatan, metode, versi, dan teknik sesuai kompetensi pedagogik.

Setelah memiliki Silabus PAI Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi di atas. Apa lagi sih perangkat yang dibutuhkan?. Jangan lewatkan untuk menyusun Pemetaan KD PAI Kelas 7. Ayo segera lengkapi setiap filenya.

 


Posted

in

by

Tags: