Rpp 1 Lembar Ipa Kelas 9 Semester 2 Dan 1 K13 Revisi Terbaru

Jika sahabat menemukan postingan ini, pasti lagi menyusun RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 Semester 1 dan 2 bukan?. Sobat tidak perlu gelisah, karena diakhir postingan mampu mendownloadnya secara lengkap.

Menjadi guru ialah pekerjaan mulia. Sebab harus berhadapan langsung dengan siswa yang merupakan bibit-bibit generasi periode depan bangsa. Seorang guru memiliki tugas mengajarkan, mendidik, dan membimbing mereka biar menjadi eksklusif yang siap berkhasiat bagi penduduk dan negara.

Oleh alasannya adalah itu, selaku guru IPA perlu mempersiapkan segala sesuatu demi mengembangkan keberhasilan proses mencar ilmu mengajarnya. Salah satu cara tersebut ialah dengan memiliki RPP IPA Kelas 9 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.

Review RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama

Secara biasa , ilmu wawasan alam (IPA) di tingkat Sekolah Menengah Pertama/MTs mencakup campuran dari tiga pelajaran seperti kimia, fisika, dan biologi. Apalagi kurikulum 2013 yang mengharuskan pengajaran dengan menggabungkan ketiga pelajaran tersebut.

Jika tidak guru tidak merencanakan RPP IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 dengan baik, maka mungkin saat melakukan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terpadu di lapangan akan mengakibatkan beberapa problem.

Makanya, sebelumnya guru harus mampu menguasai setiap topik bahan secara menyeluruh. Namun juga mampu membagi waktu pelajaran dengan tetap dikala bertatap muka dengan siswa. Terakhir bisa menggunakan aneka macam kemudahan yang mampu mendukung pelajaran sains tingkat Sekolah Menengah Pertama tersebut.

Dengan adanya RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi. Maka akan dapat mempemudah guru mengaplikasikan baik pendekatan, metode, dan versi pembelajaran yang mereka kuasai kedalam bagian dari penyusunan rencana mengajar semester 1 dan 2. Sehingga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah guru siapkan mampu menjadi pemandu dan ajaran tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas sekolahnya.

Setiap guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mesti menyusun RPP K13 Sekolah Menengah Pertama secara sarat lengkap dan sistematis, sehingga acara mencar ilmu mengajar mampu berlangsung dengan baik dan benar. Namun juga mesti sesuai dengan Surat Edaran Kemdikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kedua hal tersebut sangat penting. Sehingga setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis semoga pembelajaran berjalan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi penerima latih untuk berpartisipasi aktif. Serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas. Dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan kemajuan fisik serta psikologis penerima asuh.

RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dijalankan dalam satu kali konferensi atau lebih. Guru mendesain serpihan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan. (Sumber: bdkmakassar.kemenag.go.id)

Format RPP 1 Lembar

Adapun usulanhadirnya Permendikbud Terbaru perihal cara menyederhanakan RPP 1 Lembar Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 1 dan 2 adalah karena guru sering diminta untuk menuliskannya secara jelas. Sehingga guru mampu lebih fokus dalam menciptakan antisipasi dan memeriksa proses berguru mengajar tersebut sendiri.

Itu semua sangat menguras banyak waktu dan menciptakan para guru SMP lebih mementingkan penyelesaikan tugas administrasi sekolah ketimbang menghabiskan waktu berkumpul untuk berdiskusi dengan siswa.

Ketika guru menuliskan RPP 1 Lembar tersebut, harus menggunakan prinsip: efisien, efektif dan berorientasi pada siswa. Efisien artinya penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tamat dengan benar dan tidak mengkonsumsi banyak waktu dan tenaga.

Efektif berarti menulis planning pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Berorientasi siswa mengacu pada penulisan planning pelajaran menurut persiapan siswa, minat dan keperluan berguru di kelas.

Namun, bantu-membantu muncul pertanyaan. Apakah ada tolok ukur baku penulisan RPP?

Tidak ada, guru bisa dengan bebas untuk menentukan, merumuskan dan memakai RPP sesuai dengan prinsip efisiensi, efektifitas dan berorientasi pada siswa.

Sebenarnya untuk formatnya, guru tetap masih bisa memakai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang lama (RPP yang berisikan 12-15 halaman). Atau guru mampu mengeditnya menjadi RPP 1 Lembar dengan prinsip yang lebih efisiensi, efektifitas, dan berorientasi pada siswa.

Adapun komponen RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Terbaru terdiri dari tiga bagian inti, yakni tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (aktivitas) dan penilaian pembelajaran (assessment).

Komponen lain saling melengkapi. Kaprikornus untuk unsur tujuan pembelajaran, guru menuliskannya sesuai dengan kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar siswa. Selain itu, guru dapat menyusun aktivitas pembelajaran dan evaluasi dalam RPP secara lebih efisien dan efektif.

Download RPP IPA Kelas 9 Semester 2 dan 1

Pembelajaran IPA komprehensif Sekolah Menengah Pertama yaitu pembelajaran yang disuguhkan dalam bentuk satu kesatuan (fisika, biologi, dan kimia), dan satuan-satuan tersebut dirancang dalam satu kesatuan.

Tujuan utama pembelajaran IPA terpadu adalah untuk menemukan pengalaman lewat keahlian berpikir terapan, rasa ingin tahu, dan kepedulian siswa terhadap lingkungan.

Makanya, guru mesti siap dengan perencanaan terbaik biar dapat membuat lebih mudah siswa dalam menyerap dan memahami setiap topik pelajaran IPA.

Bagi sahabat yang ingin mendownload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tersebut. Silahkan klik tautan berikut ini:

RPP 1 Lembar IPA Kelas IX Semester 1 Download
RPP 1 Lembar IPA Kelas IX Semester 2 Download

 

Akhir Kata

Sebagai pelaksana kurikulum, guru ialah garda depan dari kurikulum ideal yang ditetapkan oleh pemerintah. Jika guru tidak mampu mengetahui kurikulum 2013 dengan baik. Maka RPP 1 Lembar IPA Kelas 9 Semester 1 dan 2 hanya menjadi dokumen yang kosong yang tidak akan menenteng pergantian dan mutu pendidikan nasional. 

Kaprikornus teman guru mesti paham apalagi dahulu makna dari Kurikulum 2013, sehingga memudahkan dalam menciptakan rencana mengajar yang lebih baik lagi. Terakhir, jika sobat mencari perangkat pembelajaran yang lain, silahkan kunjungi artikel gurusekali.com.


Posted

in

by

Tags: